Apr 5, 2007
Self-Publishing
Apa sih self-publishing?

Kata Oom Wiki, self-publishing is the publishing of books and other media by the authors of those works, rather than by established, third-party publishers. Kalo diterjemahin, kalo gak salah artinya begini: self-publishing adalah penerbitan buku dan media lainnya oleh penulis karya tersebut, dan tidak dilakukan oleh penerbit yang telah mapan.

Kenapa ujug2 ngomongin self-publishing?

Karena novel yang telah aku tulis ini, Quadrangle, akan aku terbitkan sendiri. Ya dengan jalan self-publishing. Yah kalau album lagu ada yang indie, ini novel indie gitu deh.

Kenapa self-publishing?

Kenapa ya? Well, awalnya karena novel ini pernah begitu lama berada di tangan sebuah penerbit tanpa ada hasil apa2. Ditolak juga nggak, apalagi diterbitin. Aku tarik deh.

Nah, trus pernah dulu baca jurnalnya Agung dan Mas Jonru tentang self-publishing. Dan, di kantor ada banyak banget buku tentang self-publishing.

Tuing! Kenapa gak self-publishing aja?

Dan, mulailah tanduk-tanduk kenekadan aku keluarin. Berbekal pinjaman uang dari keluarga (karena aku emang gak punya duit yang lagi nganggur buat dipake nerbitin ini buku, jadi nekad deh) dan keikutsertaan seorang partner, aku bergerak.

Mulai dari minta tolong sama temen2 tercinta untuk bantuin kasih masukan, saran dan kritik, sampai minta tulung mereka bantu ngedit juga. Trus, lari2 cari percetakan, dari jalan sendiri naek angkutan umum sampe dianterin adekku. Then, cari info soal ISBN. Kemudian, kontak toko2 buku, mulai dari datengin langsung sampe telepon, mulai dari yang offline sampe yang online. Lalu minta bantuan teman2 yang baik2 untuk kasih komen yang bakal aku muat di cover/dalam buku.

Dan…semua dah hampir beres. Editan udah beres. Urusan percetakan, dah ketemu yang murmer. Toko buku tinggal di-follow up. ISBN tinggal dateng ke PerPusNas. Temen2 juga dah kasih komen2 yang ok banget, tinggal nunggu beberapa lagi (thanks so much, friends…*tar aku bikin jurnal tpisah soal ini kalo dah beres semua*).

Nahhhhh yang bikin pusink adalah….COVER!

Tuing tuing tuing! Aku n hubby dah bikin beberapa. Tapi, menurut partnerku yang ngerti urusan pemasaran, katanya cover2 itu kurang nendang. Hehehe…jadilah aku utak-atik terus dan terus sambil ngehubungin beberapa org yang jago ilustrasi. Sampe saat ini blom beres juga. Sedih deh. Mana jadwal terbit dah mundur lebih dari sebulan.

Well, tapi gak apa. Semua ini proses pembelajaran buatku. Belajar nulis dah lewat dengan selesainya novel itu. Belajar ngedit dah lewat, dengan bantuan sahabat2 yang baik2. Tinggal sekarang belajar menerbitkan sebuah buku.

Ternyata gak gampang booo. Hihihi…wish me luck ya…

Thanks!

Labels: ,

 
posted by Quadrangle at 15:31 | Permalink |


2 Comments: